Thursday, July 16, 2015

Kenali Ciri-Ciri Burung Pemakan Biji-Bijian

Macam-macam Jenis Burung Pemakan Biji-bijian, Apa Saja Ciri Khasnya?
Jenis-jenis burung memang bisa dikelompokkan dalam aneka macam kategori menyerupai jenis burung kicau, macam burung malam, jenis burung pemakan buah dan biji, burung-burung pemakan bangkai dll. Salah satu jenis burung yang akan coba dikupas dalam artikel berikut ini ialah jenis burung pemakan biji-bijian lengkap dengan foto dan ciri-ciri fisiknya.
Karakteristik paruh burung pemakan biji-bijian diantaranya yaitu berukuran pendek, tebal, runcing, dan tajam. Bentuk paruh menyerupai ini berfungsi untuk membantu burung mengambil dan memecah biji-bijian dari pepohonan.

Burung Gelatik Jawa (Padda oryzivora) 


Burung ini kini ini mulai jarang ditemui karen perburuan insan yang hiperbola serta kerusakan lingkungan yang terlalu parah. Burung ini sering dipelihara sebagai burung hias. Burung ini biasa bersarang di lubang pohon atau lubang-lubang di kawasan bertebing . Burung ini biasa bertelur 2-4 butir tiap sarang.

Burung Pipit Peking (Lonchura punctulata) 


Burung ini sering ditemui di kawasan persawahan terutama pada dikala panen padi. Burung ini hidup secara berkelompok tetapi pada dikala ekspresi dominan kawin datang burung ini akan bersama pasangannya dan menciptakan sarang dan menetasakan telurnya yang umumnya berjumlah 4-6 butir tiap sarang. Sarang burung ini simpel ditemui di lingkungan kita, bentuknya lingkaran dengan satu lubang keluar masuk.

Burung Pipit Dada Putih (Lonchura leucogastroides)
Burung biasa ditemui di kawasan sawah untuk makan dan bila tidak sedang makan burung ini lebih banyak menghabiskan waktunya bertengger di tempat yang teduh menyerupai fatwa air. Burung inin biasa bersarang di pohon yang rimbun menyerupai cemara, mangga yang habis ditebang dan tumbuh dahan baru. Burung ini mempunyai keunikan yaitu sarangnya bab luarnya terdiri dari rumput kering atau sampah kering sedangkan bagi dalamnya di susun dengan ijuk. Burung ini bertelur 3-5 butir tiap sarang.

Burung Pipit Bondol (Lonchura maja)
Burung ini mempunyai ciri khas yaitu bulu kepal putih sehingga membuatnya terluaht sangat cantik. Burung ini biasa ditemui di sawah, dan ladang. Burung ini biasa bertelur 3-4 butir tiap sarang. Bentuk sarang burung ini sama denagn burung pipit peking. Burung ini di kawasan -darah tertentu mengalami penurunan populasi alasannya ialah kerusakan habitat. Burung jantan pada dikala tertentu mengeluarkan bunyi menyerupai burung yang sedang ngeriwik dengan volume rendah.

Burung Tekukur (Streptopelia chinensis) 


Tekukur merupakan jenis burung pemakan biji-bijian. Memiliki tubuh berukuran sedang dengan bulu berwarna cokelat kemerahmudaan. Tekukur mempunyai ekor yang panjang. Sayapnya mempunyai warna yang lebih gelap daripada bulu tubuh. Pada bab leher terdapat bercak-bercak putih hitam yang khas. Tekukur mencari makan berupa biji-bijian di permukaan tanah.

Burung Merpati (Columba livia)
Merpati mempunyai abjad tubuh yang gempal dan berleher pendek. Merpati mempunyai paruh yang berukuran pendek dan ramping. Di alam bebas, merpati membangun sangkarnya dengan merangkai ranting-ranting dan bab flora lainnya. Sangkar tersebut diletakkan di atas pepohonan atau di tanah.

Burung Perkutut (Geopelia striata)
Burung Perkutut Jawa merupakan jenis burung yang mempunyai ukuran kecil, bulunya berwarna abu-abu dan banyak di jadikan burung peliharaan dengan alasan suaranya indah dan merdu. Biasanya perkutut hidup serta melacak makan dengan cara berpasangan atau dlm grup kecil. Burung-burung ini umumnya makan diatas permukaan tanah. Wujud sarang agak datar serta tidak tebal dan sarang biasanya ditempatkan pd pohon atau semak yang tak terlampau tinggi dari permukaan tanah.

Burung Kenari (Serinus canaria) 


Burung ini mempunyai kelompok bulu yang tebal dan mempunyai bentuk yang serba “bulat”. Dengan dada bidang, punggung pendek lebar, sayap pendek dan ekor pendek, serta paruh juga pendek. Banyak dan burung ini yang mempunyai warna hijau yang menanik sekali. Mata burung kenari jantan sejajar dengan paruh, sedangkan mata kenari betina di atas paruhnya.

Ciri-ciri bakalan kenari yang berkualitas bagus :
  • Burung kenari harus berkelamin jantan.
  • Memiliki tubuh yang panjang dan serasi, baik leher, badan, ekor, maupun kakinya.
  • Tidak cacat fisik.
  • Matanya besar dan terlihat melotot.
  • berkepala besar.
  • Lincah.
  • Memiliki paruh yang berpangkal lurus, lebar, panjang, besar, dan tebal.
  • Lubang hidung sangat erat dengan mata.
  • Sayap yang mengepit.
  • Cengkeramannya kuat.
  • Nafsu makan tinggi.
  • Leher yang panjang dan padat, alasannya ialah itu indikasi bisa mengeluarkan bunyi dengan maksimal.
  • Sering berkicau / bersuara.

Burung Parkit (Melopsittacus undulatus) 


Burung parkit ialah burung kecil dari keluarga burung nuri (parrot). Mereka sangat cerdas dan merupakan burung sosial (jauh lebih nyaman berada dalam kawanan besar). Burung parkit liar mempunyai bulu hijau diselingi adonan kuning dan hitam. Makanan burung parkit bervariasi antara biji-bijian, buah dan sayuran. Biji-bijian yang baik dan disukai burung parkit ialah jewawut, millet merah, dan millet putih.

Ciri-ciri burung parkit yang bagus:
  • Lihat kelincahan burung yang akan kita beli. Jika burung lincah maka merupakan burung yang bagus dan tentunya dalam kondisi sehat.
  • Masukan jari Anda kedalam kandang, kalau burung berani mendekati jari Anda maka merupakan parkit yang mempunyai mental bagus.
  • Ciri Parkit bermental bagus lainnya ialah kalau digenggam dalam tangan maka akan meronta dan mengigit.
  • Pilih parkit yang rakus dalam memakan, bermata lingkaran dan jernih, tubuh tidak cacat. 

Burung parkit bahagia hidup berkelompok, jadi kalau Anda ingin memelihara burung jenis ini sebaiknya pelihara lebih dari satu ekor dan lebih baik lagi kalau burung tersebut berpasangan, yaitu jantan dan betina.

Berikut cara membedakan parkit jantan dan betina:
  • Parkit jantan, mempunyai lubang hidung kebiruan dan biasanya sangat aktif.
  • Parkit betina, lubang hindungnya menyerupai berwarna cokelat muda/krem/merah muda.
Burung Bondol Hijau Binglis (Erythrura prasina) 


Burung yang panjangnya sekitar 15 cm ini mempunyai bulu berwarna-warni, terutama burung jantan. Tubuh bab atas berwarna hijau, dengan muka berwarna biru terang. Sedangkan tubuh bab bawah berwarna kuning tua, dengan perut berwarna merah cerah. Tunggir dan perpanjangan ekor juga berwarna merah. Burung bondol hijau binglis hidup dalam kelompok (koloni) kecil, yang berbaur dengan jenis-jenis burung bondol (pipit) yang lain. Mereka mencari masakan di persawahan padi, dan sering tinggal dalam rumpun bambu di dataran rendah dan perbukitan.

Mp3 Suara Burung Kicau. Tertarik Dengan Suara Kicau Burung Berbagai Jenis dalam Format MP3? Anda Bisa Download Filenya, KLIK SAJA DISINI (DOWNLOAD MP3 Kicau Burung) 

No comments:

Post a Comment