Thursday, July 16, 2015

Harga Karkas Dan Daging Sapi Area Jawa Timur


Harga daging sapi memang mempunyai keunikan tersendiri. Ada anggapan di masyarakat persapian khususnya pelaku daging bahwa harga daging sapi kalau sudah naik lupa turun lagi.

Dan tampaknya anggapan bahwa harga daging sapi selalu naik dari tahun ke tahun memang terbukti meskipun tidak selalu naik terus. Semisal bulan kemudian harga daging 100 ribu per kg dan bulan ini harga naik menjadi 120 ribu per kg kemudian sebulan kedepan harga turun menjadi 110 ribu per kg. Kesan yang ditangkap yakni harga daging turun tetapi bergotong-royong penurunan harga tersebut tetap lebih tinggi dari bulan sebelumnya.

Harga daging sapi dikala ini menjadi fokus pemerintah semenjak sasaran harga 80 ribu per kg belum juga tercapai dan ujungnya pemerintah getol impor daging beku yang berupa daging kerbau asal india yang harganya sangat murah di negara asalnya.

Memasuki tahun 2018 harga daging sapi ternyata tetap saja bertengger di kisaran Rp 100.000 per kg secara umum.

Daftar Harga Karkas dan Daging di RPH-RPH Jawa Timur
  • Harga karkas di RPH Bojonegoro dan Jember, dengan model belahan 4 paha, harga karkas berkisar antara Rp 98.000 - Rp 103.000/kg karkas. Persentase Karkas normal biasanya mencapai 40% - 45% tergantung jenis sapinya. Harga daging masih dikisaran 100 - 120 ribu per kg daging murni tanpa lemak.
  • Harga karkas di RPH dengan belahan karkas normal, belah empat / belah dua dengan triming normal berkisar antara Rp 85.000 - Rp 87.000 per kg. Dengan persentase karkas normal 47% - 49% . Model karkas ini diterapkan di RPH Surabaya dan sekitarnya.
  • Harga karkas di RPH dengan belahan tanpa triming dan hanya lepas kulit berkisar antara Rp 82.000 - 83.000 per kg karkas. Persentase karkas yang dibutuhkan (normal) antara 51% - 53%. Harga karkas ini berlaku di RPH Pasuruan, Probolinggo dan sekitarnya
  • Harga karkas di RPH dengan model potong tanpa timbang tulang punggung, harga karkas berkisar antara Rp 92.000 - Rp 95.000 per kg.  Harga karkas model ini masih diterapkan di RPH Kota Malang.
  • Harga daging di area Jawa Timur masih berkisar antara Rp 95.000 - 120.000 tergantung kualitas daging, semakin murni dan tanpa lemak harga daging akan dipatok semakin mahal oleh pedagang.
Catatan: Meski model karkas di banyak sekali RPH tersebut berbeda-beda tetapi bergotong-royong kalau dikonversi ke standar karkas normal maka kesannya akan sama saja yaitu berkisar antara Rp 85.000 - Rp 87.000 untuk standar karkas normal sapi lokal di Jawa Timur .

Informasi harga karkas dan daging diatas dapat saja berubah sewaktu-waktu dan dapat berbeda antara tempat yang satu dengan tempat yang lainnya.

No comments:

Post a Comment