Thursday, July 16, 2015

Harga Ternak Kambing Dan Domba Masih Terpuruk Diawal 2018

Saat ini harga ternak kambing dan domba termasuk yang mengalami keterpurukan harga paling parah jikalau dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Mengawali tahun 2018 harga kambing lokal sempat jatuh hingga titik terendah, sedangkan harga domba lebih anjlok lagi.

Informasi dari pembeli domba dipasar hewan, dikala ini hanya dengan bermodalkan uang 800 ribu rupiah dapat mendapat sepasang domba dengan ukuran sedang.

Untuk kambing siap potong juga harganya sangat jatuh, harga per ekor yang biasanya dapat 1, 5 - 2 jutaan dikala ini hanya berkisar 1 jutaan saja.

Harga kambing per kg, jikalau tahun kemudian sempat mencapi Rp 55.000 per kg, dikala ini harga hanya berkisar Rp 35.000 - Rp 40.000/kg.

Turunnya harga kambing secara drastis ini menyebabkan banyak peternak yang memang mempunyai cukup modal menahan kambingnya yang sesungguhnya sudah siap panen. Mereka menahan kambingnya hingga jelang hari raya kurban dengan keinginan harga kambing akan naik lagi seiring dengan tingginya undangan kambing kurban.

Tetapi meskipun harga kambing jatuh, untuk harga daging kambing dipasaran masih tetap bertahan dan berkisar Rp 100.000/kg.  Adakah permainan pedagang disini?

No comments:

Post a Comment