Thursday, July 16, 2015

Cara Biar Sapi Doyan Makan, Ini Jamunya!

Bahan-bahan Jamu Ternak Penambah Nafsu Makan Sapi
Ramuan Tradisional Untuk Meningkatkan Nafsu Makan dan Daya Tahan Tubuh Ternak Sapi, Ini Bahan-bahan dan Cara Membuatnya!

Keluhan peternak yang paling sering dibicarakan ketika gres memulai perjuangan penggemukan sapi dan gres membeli sapi dari pasar yaitu sapi malas makan atau nafsu makan sapi sangat rendah dan turun drastis. Banyak penyebab sapi gres yang dibeli dari pasar tidak nafsu makan, penyebabnya antara lain pakan yang diberikan bukan pakan yang biasa sapi tersebut makan dipemilik sebelumnya. Bisa juga alasannya yaitu pakan yang terlalu berbau menyengat sehingga sapi tidak suka. Penyebab lain sanggup juga sapi tidak doyan makan alasannya yaitu memang kondisi tubuhnya sedang tidak prima atau menyerupai mau sakit. Jika kondisi ini yang ditemukan peternak maka jamu ternak dibawah ini sanggup dijadikan solusi supaya sapi anda menjadi doyan makan kembali dan sanggup tumbuh dengan optimal.

Cara Membuat Jamu Ternak Yang Terbuat Dari Tanaman Obat Dengan Proses Fermentasi Anaerob.
Solusi peternak untuk menjaga kesehatan, meningkatkan nafsu makan dan metabolisme ternak.

Bahan dan Alat.
1. Temulawak 1 onst
2. Temuireng 1 onst
3. Bawang putih 1 onst
4. Kencur 1 onst
5. Jahe. 1 onst
6. Kunyit/kunir 1 onst
7. Laos/lengkuas 1 onst
8. Daun sirih 15 sd. 20 lembar
9. Daun pepaya 3. sd. 5 lembar
10. Daun kelor. 1 onst
11. Molasses/tetes tebu 0.5 ltr atau gula merah/putih 0.5 kg
12. Stater/probiotik/EM/MOL 0.5 ltr
13. Air sumur/mata air 18 liter
14. Jirigen/galon 20 liter
15. Pengaduk
16. Parut/blender/lumpang/cowek dll

Cara Membuat
1. Haluskan materi no 1 sd 10.
2. Bisa di peras sanggup tidak.
3. Masukam semua materi no 1 sd 13 kedalam wadah (jirigen/galon) aduk rata.
4. Tutup rapat wadah dan pastikan udara tidak sanggup masuk untuk proses fermentasi anaerob. Biarkan hingga 3 hari tanpa membuka tutup.
5. Setelah 3 hari buka tutup wadah utk membuang gas, tutup kembali untuk melanjutkan proses fermentasi.
6. Buka tutup wadah tiap hari 1 sd 2 kali dan tutup kembali utk kelanjutan proses fermentasi.
7. Bila sudah tidak terbentuk gas lagi antara hari 14 proses fermentasi jamu siap di gunakan atau di kemas.
8. Untuk lebih praktisnya pasang slang pada tutup wadah dan ujung slang masukan pada botol berisi air dan gas akan keluar dng sendirinya lewat slang sehingga tidak perlu buka tutup setiap hari dan fungsi air untuk menghambat masuknya udara dalam wadah tapi gas akan keluar alasannya yaitu tekanan gas akan meninggi dengan di tandai gelembung/blekutuk di air.
9. Kemas jamu pada wadah tertutup rapat dan jamu ini sanggup bertahan hingga 6 bulan bahkan sanggup hingga 12 bulan dengan catatan proses fermentasi tepat dan wadah penyimpanannya tertutup rapat.

Cara Pemakaian.
1. Untuk menjaga kesehatan sanggup di berikan tiap hari atau dua hari sekali dengan takaran 10 ml (2 tutup botol)/1liter air diberikan pada air minum atau comboran .
2. Untuk ternak kurang sehat berikan 2 kali sehari dengan takaran 20 ml (4 tutup) per 1 liter air atau di berikan secara oral (cekoki) hingga ternak sehat kembali.
Inilah resep jamu tradisional ala mbah jengot.

BACK TO NATURE.

Kandungan dan manfaat materi jamu ternak:

1. Temulawak (curcuma xanthorrgiza) dpt meningkatkan nafsu makan, antioksidan, anti mikroba, anemia. Mengandung kurkumin, kurkuminoid, mineral, atsiri, minyal, lemak, karbohidrat, protein.

2. Temuireng (curcuma heyneana) sebagai obat cacing dan meningkatkan nafsu makan. Mengandung minyak asiri, tamin, kurkumenol.

3. Bawang putih mengandung lebih dari 100 materi kimia biologis yg bermamfaat anti-baktero, anti-virus, anti-jamur, dan antioksidan.

4. Kencur penambah stamina, penambah nafsu makan, tonikum, anti-bakteri, radang sendi, antioksidan, dan masuk angin. Mengandung pati, mineral, minyak atsiri, sineol.

5. Jahe(zingiber officinale) sebagai anti bakteri, anti jamur, anti oksidan, kembung, memperlancar ajaran darah, membuang racun dalam tubuh melalui keringat.

6. Kunyit (curcuma domestica) sebagai anti oksidan, anti mikroba, anti radang, mengandung minyak atsiri dari golongan monoterpen dan sesquitterpen, zat warna kuning disebut kurkuminoid, protein, fosfor, kalium, besi, dan vitamin C.

7. Lengkuas/Laos menambah nafsu makan, gangguan perut kembung, masuk angin, anti jamur, anti bakteri, menghangatkan badan. Mengandung minyak atsiri a.l galongol, galongin, alpinen, kamfer, methyl-cinnamate

8. Daun Sirih (piper betle) anti septik anti mikroba, penyembuh luka, anti radikal bebas.

9. Daun pepaya sebagai pembunuh amuba, obat cacing, dan membantu meningkatkan nafsu makan.

10. Daun Kelor (moringa oleifera) memiliki kandungan potasium 3x lipat dari pisang, kalsium 4x lipat dari susu, vitamin C 7x lipat dari jeruk, vitamin A 4x lipat dari wortel. Berkasiat obat cacing, alergi, rabun mata, rematik pegel linu radang sendi encok boyok.
Di ambil dari banyak sekali sumber.

Semoga Bermanfaat

N.B : - Bila ingin materi jamu yg lebih sederhana cukup tiga materi : Temulawak, Temuireng, Kunyit/Kunir.

Sumber status fb Sumina
Sapi Sehat - Sapi Super - Sapi Doyan Makan

No comments:

Post a Comment