Thursday, July 16, 2015

Harga Sapi Madura Terbaru 2018 Bulan Maret - April


Berapa Harga Sapi Madura Saat Ini? Dan Berapa Estimasi Harga Saat Hari Raya Kurban?

Sapi Madura ialah jenis sapi dengan tulang kecil yang mempunyai ukuran yang termasuk dalam kelompok sapi-sapi bertubuh kecil. Sapi Madura yang siap potong biasanya hanya mempunyai berat sekitar 250 - 350 kg dan dengan berat tersebut umur sapi-sapi ini sudah tergolong dewasa.

Harga sapi Madura umumnya akan mengalami kenaikkan yang cukup signifikan ketika menjelang hari raya Idul Adha. Hal ini alasannya sapi Madura ialah salah satu jenis sapi yang sangat diminati untuk kurban.

Dengan berat sapi di kisaran 250 - 300 kg dan harga jual sekitar Rp 12.000.000 - 18.000.000 per ekor maka harga sapi ini sangat sesuai dengan budget kebanyakan dari mereka yang ingin berkurban seekor sapi.

Dengan perhitungan sapi 1 ekor sanggup dipakai untuk berkurban 7 orang maka biaya per orang dengan membeli sapi madura hanya berkisar 2 jutaan per orang.
Untuk sapi bakalan biasanya dicari sapi Madura dengan berat berkisar antara 150 - 200 kg dengan harga sekitar Rp 8.000.000 - Rp 10.000.000 per ekor.
Untuk sapi potong gotong royong sapi Madura memang tidak sepopuler sapi jenis limousin maupun simental. Disamping alasannya tidak semua pasar binatang di Jawa Timur terdapat sapi Madura, sapi ini memang lebih terkenal sebagai sapi kurban.

Harga sapi Madura untuk kepingan jagal masih berkisar antara Rp 13.000.000 - Rp 19.000.000 per ekor tergantung dengan besar kecil sapinya.
Estimasi Harga Sapi Madura untuk Kurban yang paling disukai ialah antara Rp 14.000.000 - Rp 16.000.000 per ekor.
Sapi Madura umumnya hanya diminati oleh jagal-jagal yang memang hanya membutuhkan sapi kecil alasannya omset penjualan dagingnya yang memang sedikit dan biasanya mereka menjual daging yang benar-benar murni tanpa lemak.

Pasar binatang yang sanggup dikunjungi untuk berbelanja sapi Madura tentunya yang paling gampang ialah di pasar binatang pulau Madura sebagai sumber utama sapi Madura menyerupai di Tanah Merah, di Bangkalan dan di Sumenep.

Tetapi bila kita tidak sempat ke pulau Madura maka sanggup berbelanja di Pasar binatang di Jawa Timur menyerupai di Probolinggo yaitu di pasar binatang Wonoasih - Kedopok dan sanggup juga di pasar binatang Banyuanyar.

Untuk hari pasarannya ialah hari Selasa dan Sabtu untuk pasar binatang Wonoasih dengan jam operasionalnya mulai pukul 2 siang hingga pukul 8 malam. Sedangkan di pasar binatang Banyuanyar mulai pukul 1 siang hingga pukul 6 sore dan hanya buka setiap hari Rabu. Jam operasional bersifat fleksibel, ketika transaksi banyak dalam arti pembeli banyak dan populasi sapi jual juga banyak maka jam operasional sanggup lebih usang lagi.

No comments:

Post a Comment