Thursday, July 16, 2015

Jenis-Jenis Ternak Unta Dan Keunggulannya

Ternak Unta, Binatang gurung yang tahan panas dan terpelajar menyimpan air
Onta atau Unta merupakan spesies dari genus Camelus. Onta sendiri ada 2 jenis yaitu Onta berpunuk satu (Camelus dromedarius), dan Onta berpunuk dua (Camelus bactrianus) dimana keduanya hidup di daerah beriklim kering dan gurun di Asia dan Afrika Utara. Unta dipakai dalam perang selama berabad-abad. Mereka dipakai dalam ribuan peperangan di Arab dan Kekaisaran Romawi. Unta juga dilatih untuk membawa perbekalan tentara selama Perang Dunia I
Meski mempunyai indera pendengaran berukuran kecil, tetapi unta mempunyai pendengaran yang sangat baik. Mereka juga populer sanggup minum hingga 7 galon dalam sehari.
Onta berpunuk satu hidup di wilayah Afrika Utara dan Timur Tengah. Sedangkan ONta berpunuk dua hidup di wilayah Australia, Mongolia, dan wilayah Gurun Gobi Cina. Di Australia populasi Onta semakin menurun sesudah adanya pembantaian onta yang dituduh sebagai penyumbang gas rumah beling dan penyebab pemanasan global.
Unta atau Onta ialah dua spesies binatang berkuku belah dari genus Camelus yang hidup ditemukan di wilayah kering dan gurun di Asia dan Afrika Utara. Rata-rata umur cita-cita hidup unta ialah antara 30 hingga 50 tahun. Menurut Wikipedia, Nama ilmiah unta adalah: Camelus
Onta mempunyai bentuk kaki yang unik yang cocok untuk berjalan di pasir tanpa tenggelam, meski tubuhnya besar dan membawa beban yang berat. Masing-masing kaki mempunyai dua jari kaki besar untuk memperluas permukaan. Tinggi onta bisa mencapai 7 kaki dengan ebrat tubuh mencapai 750 kg.

Onta pertama kali dijinakkan oleh insan sekitar 5000 tahun yang kemudian untuk dipakai sebagai binatang pekerja, diperah susunya, atau dimakan dagingnya. Onta sanggup hidup hingga usia 30 hingga 50 tahun.
Unta Arab (dromedaris) hidup di daerah afrika utara dan timur tengah serta anak benua India. Jumlahnya dikala ini sekitar 14 juta ekor. Di afrika utara, unta arab sangat berperan bagi sebagian negara, ibarat Somalia dan Ethiopia. Di sana unta dimanfaatkan susunya.
Unta baktrian hidup dikawasan Gurun Gobi di Tiongkok, Mongolia dan Australia. Unta bactrian dikala ini jumlahnya menurun sekitar 1.4 juta yang disebabkan banyak sekali faktor, salah satunya pembunuhan massal unta di Australia. Unta di dianggap menjadi penyumbang gas rumah beling dan dianggap menjadi biang kerok terjadinya global warming.
Onta yang hidup di daerah keras dan kering mempunyai beberapa kemampuan bertahan hidup yang luar biasa. Mereka sanggup terus hidup meski tidak makan dan minum selama berhari-hari. Hal ini dikarenakan onta bisa menyimpan cadangan lemak khusus yang sangat banyak di punuknya. Lemak tersebut suatu dikala bisa diubah menjadi air dengan derma oksigen. Satu gram air sanggup dihasilkan dari sau gram lemak di punuk onta.

Kemampuan pembiasaan lainnya yang luar biasa adalah, sistem respirasinya meninggalkan sedikit sekali jejak uap air. uap air yang keluar dari paru-paru diserap kembali oleh tubuhnya melalui sel khusus yang terdapat di hidung cuilan dalam, membentuk kristal dan suatu dikala sanggup diambil.

Mereka juga bisa hidup di padang pasir yang sangat panas (hingga 41 derajat celcius) di siang hari dan cuek di malam hari. Pada suhu yang lebih dari 41 derajat celcius, onta akan mulai berkeringat. Namun proses berkeringat tersebut hanya terjadi pada kulitnya saja. Keunikan tersebut menciptakan mereka bisa menghemat cadangan air yang cukup banyak.

Kebanyakan makhluk hidup hanya bisa bertahan hidup hingga kehilangan massa 3%-4%, kalau lebih dari itu maka darahnya akan mengental dan mengakibatkan gagal jantung, dan mati. Namun lain dengan onta, mereka bisa bertahan hingga kehilangan massa sebanyak 20%-25% dari tubuhnya.

Sel darah onta berbentuk lingkaran tidak oval ibarat makhluk hidup lainnya. Sehingga darah onta tidak akan mengental pada kondisi yang kalau menimpa makhluk hidup lain maka darah mereka akan mengental. Berkat bentuk sel darah mereka yang berbeda ini pula, onta mempunyai sistem kekebalan tubuh yang unik juga.

Onta mempunyai usus dan ginjal yang sangat efisien dalam menyerap air dalam makanan. Sehingga urin mereka sangat kental, dan kotoran mereka snagat kering. Bahkan kotoran onta yang gres keluarpun akan menyala kalo dibakar.

Keistimewaan lain yang dimiliki oleh onta adalah, susu mereka jauh lebih bernutrisi dibandingkan dengan susu sapi.Onta ialah binatang herbivora. Makanan mereka ialah kurma, daun, gandum, daun, dan bahkan duri pun bisa dimakannya. Onta sanggup membawa beban hingga seberat 500 kg.

Unta juga mempunyai bulu mata yang tebal untuk melindungi mata mereka dikala melintas gurun pasir, atau dikala terjadi topan pasir. Onta juga sanggup menutup lubang hidung dan bibirnya untuk mencegah semoga pasir tidak masuk.

Fakta Menarik ihwal Ternak Unta
  • Unta remaja bisa mencapai tinggi 1,8-2 meter dengan berat 800 kg serta sanggup hidup hingga 50 tahun.
  • Masa kehamilan berlangsung antara 11-12 bulan dengan unta yang gres lahir tidak mempunyai punuk.
  • Unta mempunyai dasar kaki lunak dan mempunyai dua jari pada setiap kaki. Mereka ialah mamalia berkuku.
    Kaki unta mempunyai alas berangasan sehingga memungkinkan mereka untuk berjalan di atas pasir tanpa tenggelam.
    Untuk ukuran binatang sebesar ini, unta mempunyai sepasang indera pendengaran yang kecil, tapi tetap punya pendengaran yang baik.
  • Mata unta dilengkapi dengan dua baris bulu mata lebat untuk melindungi mata dari pasir.
    Unta sanggup menutup lubang hidung, telinga, dan lisan selama topan pasir untuk mencegah partikel pasir memasuki tubuh!
    Hidung unta mempunyai kemampuan unik untuk menjebak uap air dan mengembalikan ke tubuh sehingga mencegah hilangnya air akhir respirasi.
    Unta ialah herbivora dengan kuliner terdiri dari rumput, gandum, dan kurma.
  • Dilengkapi dengan lisan dan pengecap yang kuat, unta sanggup dengan gampang mengunyah tanaman gurun berduri.
    Bibir unta mempunyai belahan unik yang membantunya dikala merumput.
    Seekor unta sanggup memakan tanaman hijau dan memanfaatkan kandungan airnya tanpa perlu minum air lagi.
    Tetapi pada dikala yang sama, unta juga bisa mengonsumsi hingga 150 liter air sekali minum.
    Unta mengonsumsi kuliner tinggi garam, dan bahkan sanggup minum air yang sangat asin.
    Unta peliharaan kadang kala makan potongan garam sehingga tubuh mereka mendapat jumlah garam yang diperlukan.
  • Unta ialah ruminansia atau binatang memamah biak. Perut mereka dibagi menjadi empat ruang.
    Bulu unta yang mempunyai warna krem ​​sampai coklat, mempunyai kemampuan memantulkan sinar matahari sehingga melindunginya dari terik padang pasir.
    Unta ialah satu-satunya mamalia yang mempunyai sel darah merah dengan bentuk berbeda.
    Dibandingkan dengan mamalia lain, unta mempunyai sel berbentuk oval.
    Bentuk sel ibarat ini memungkinkan unta bisa minum sejumlah besar air tanpa takut sel darah akan membelah lantaran kadar air berlebih.
  • Bentuk oval juga membantu sel-sel tetap bergerak dan mengalir dikala mengalami dehidrasi.
    Meskipun unta sanggup mengalami dehidrasi, darah mereka mempunyai kemampuan menahan air dan tetap terhidrasi.
    Tidak ibarat binatang lainnya di mana kehilangan 15% air sanggup mengakibatkan kematian, unta sanggup menahan hilangnya cairan melalui keringat sebanyak 25% -40%.
    Organ tubuh internal unta berkembang dengan baik untuk membantu mereka bertahan hidup di iklim panas dan tanpa air.
  • Ginjal dan usus unta sanggup menahan sejumlah besar air. Urin unta amat kental ibarat sirup dan kotoran mereka begitu kering sehingga dipakai sebagai materi bakar oleh orang-orang yang tinggal di gurun.
    Unta memuntahkan sebagian kuliner yang belum dicerna dikala terancam atau merasa terganggu.
  • Hewan ini mempunyai kaki yang sangat panjang yang membantu menjaga tubuh mereka tetap berada pada ketinggian di atas tanah.
  • Selama cuaca sangat panas, unta lebih menentukan untuk berjalan daripada bangun atau duduk.
    Unta bisa menendang semua kaki mereka dalam 4 arah. Kaprikornus hati-hati dikala mereka sedang marah.
    Suku nomaden yang hidup di padang pasir Afrika minum susu unta.
  • Susu unta juga dibentuk menjadi yoghurt, mentega, dan keju. Daging unta dan bahkan darah dianggap sebagai hidangan yummy di beberapa negara di Timur Tengah.
  • Bulu unta juga merupakan komoditas berharga di negara-negara tersebut dan dipakai untuk menciptakan pakaian dan karpet.

No comments:

Post a Comment