Wednesday, July 15, 2015

Cara Menjinakkan Dan Menggiring Sapi Brahman Yang Ngamuk

Sapi Brahman Cross Jantan (Bull)

Sapi Brahman Cross Stress, Lari Loncat Pagar Kandang? Ini Tips dan Cara Mengatasinya!

Jenis-jenis sapi maupun bangsa sapi bekerjsama banyak sekali, mulai dari yang masih galur murni atau pure maupun yang sudah mengalami persilangan. Salah satu jenis sapi persilangan yang ketika ini sangat terkenal digemukkan secara komersial di negara kita ialah jenis sapi Brahman Cross.

Hampir semua feedlot sapi impor memelihara sapi brahman cross asal Australia ini. Mengapa dari Australia? Karena secara geografis negara Australia paling bersahabat dengan negara kita dan tentunya sudah bukan belakang layar umum jikalau Australia ialah salah satu produsen daging sapi yang sangat besar bahkan produksi sapi yang siap diperdagangkan dalam setahun dapat mencapai 1,4 juta ekor dan lebih dari 40% dari total produksi sapi tersebut masuk ke negara kita.

Sapi Brahman cross mempunyai sifat yang berbeda dengan kebanyakan sapi lokal yang banyak dipelihara peternak lokal di pedesaan sebab sapi ini memang biasa berkoloni di negara asalnya sedangkan sapi lokal lebih banyak dipelihara secara individu dengan diikat atau dikeluh. Jika salah dalam handling terhadap sapi brahman cross dapat menyebabkan sapi stress bahkan ngamuk hingga loncat dan lari keluar kandang.

Bagaimana Cara Mengatasi Sapi Brahman Cross Yang Stress dan Lari Keluar Kandang?

Cara menjinakkan dan mengatasi sapi brahman yang stress harus dikembalikan pada sifat asal sapi ini yang terbiasa hidup berkelompok atau dalam koloni.

Jika sapi brahman stress dan loncat keluar sangkar maka langkah pertama yang harus dilakukan ialah biarkan sapi tersebut hening terlebih dahulu tentunya juga dengan menjaga jangan hingga sapi lari terlalu jauh. Biasanya sapi yang stress tidak akan lari terlalu jauh dari sangkar dan akan berada didekat-dekat sangkar mencari teman-temannya.

Setelah sapi tenang, buka jalur ke dalam sangkar dan biarkan sapi dikandang keluar  2-3 ekor didalam jalur kemudian giring sapi yang stress tersebut kedalam jalur yang sudah ada sapinya. Biasanya sapi akan gampang digiring menuju ke sapi-sapi lain yang ada dalam jalur atau jalan ke kandang. Setelah masuk ke jalur, tutup pintu jalur dan giring sapi secara bersamaan kedalam kandang.

Tips Menggiring Sapi Brahman Cross
  • Cara paling gampang menggiring sapi brahman ialah dalam jumlah lebih dari 1 untuk menghindari sapi stress.
  • Tempatkan satu orang penggiring didepan sebagai "komandan"dan juga yang bertugas mengamankan jalur yang akan dilalu koloni sapi
  • Tempatkan satu penggiring di belangkang, jadi cukup 2 orang
  • Usahakan jumlah sapi yang digiring jangan terlalu banyak, maksimal 20 an ekor
  • Giring secara normal saja, jalan secara normal, tidak perlu sambil berlari semoga sapi tidak stress dan tidak mengalami susut berat yang terlalu banyak.
Cara Mengatasi Sapi Brahman Cross Yang Sulit Dikeluarkan Dari Kandang

Ada kalanya sapi gampang dikeluarkan dari sangkar meskipun dalam posisi sendirian, tetapi lebih sering seekor sapi akan susah dikeluarkan dari sangkar dibandingkan dengan beberapa ekor sekaligus.

Saat dikandang sapi tinggal satu ekor dan susah dikeluarkan maka ada dua alternatif cara yang dapat digunakan:

Pertama, masukkan beberapa ekor sapi brahman kedalam sangkar tersebut kemudian giring keluar secara bersamaan dengan sapi yang susah dikeluarkan dari kandang. Dan jikalau dengan cara ini masih juga sapi tidak mau keluar bahkan cenderung akan menyerang petugas yang menggiring maka dapat dipakai cara kedua.

Kedua, ambil terpal dengan panjang sekitar 3 - 4 meter, pegang ujungnya oleh dua orang dengan posisi diberdirikan sehingga seakan-akan menyerupai tembok, gunakan tembok terpal ini untuk menggiring sapi secara perlahan-lahan. Umumnya cara ini sering berhasil sebab dengan memakai terpal yang lebar maka sapi akan menganggap bahwa ada tembok didepannya sehingga ia akan mencari jalan lain dan tentunya yang dituju ialah jalan keluar kandang.

Kunci utama mengeluarkan sapi stress dari sangkar ialah dihentikan dikasari dan harus dengan cara natural tidak memakai pemukul maupun alat-alat yang dapat menyakiti ternak. Semakin disakiti dan dikasari sapi brahman cross yang stress akan semakin stress dan semakin sulit diatasi.

No comments:

Post a Comment